Tahukah Anda Manfaat dari Tertawa, Menangis, dan Marah

Share on :
Hidup memang kompleks, kadang kita merasa senang melampiaskan tertawa riang, sedih dilampiaskan dengan menangis dan kadang juga kita emosi dengan kemarahan yang meledak – ledak. Tapi pernahkah kita mensyukuri ada manfaat dibalik perasaan itu ? Well .. mari kita simak bersama mengenai Manfaat Tertawa, Menangis dan Marah !


Tentang Tertawa

http://2.bp.blogspot.com/-hyw2JXK1KhE/T5efAgUx3pI/AAAAAAAAANI/9_25yHKiYjc/s1600/Yaiyalah.com+-+tertawa.jpg

1. Tahukah anda meluapkan perasaan senang dengan tertawa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tertawa dapat melepaskan pemikiran negatif dan stress di dalam tubuh. Dengan menurunnya tingkat stress di dalam diri anda dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh meningkat dan secara alami akan membuat tubuh lebih sehat.

2. Tahukah anda bila tertawa menghasilkan hormon endorphine yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman untuk tubuh. Banyak orang bilang, tertawa bisa bikin awet muda loh ..

3. Tahukah anda tertawa berfungsi proses penyembuhan dari penyakit. Secara logis, tertawa dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga kadar oksigen akan meningkat.

4. Tahukah anda bila tertawa spontanitas bahkan dengan sepenuh hati membuat otot di daerah wajah lebih rileks. Bisa dikatakan senam wajah dan meredakan perasaan tegang di otot wajah.


Tentang Menangis

http://4.bp.blogspot.com/-bhlaInfJESw/TyIY4VKKiPI/AAAAAAAABBk/A64H7pJO_jw/s1600/Cry_Baby_by_buttonnose.jpg

1. Tahukah anda dengan menangis merupakan ekspresi dari emosi membuat lebih sehat ? Karena hal ini dipicu dengan keluarnya air mata yang mengandung zat mangan dan hormon prolaktin ketika frustasi/stress bahkan sedih. Sehingga secara otomatis menurunkan tingkat stress.

2. Tahukah anda bila air mata dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
-Air mata dapat melubrikasi mata secara teratur.
-Air mata yang keluar secara spontan karena iritasi mata
-Air mata yang keluar karena faktor emosi. Dari jenis inilah yang mempunyai zat mangan dan hormon prolaktin ketika seseorang sedang menangis akibat emosi maka pelan – pelan perasaan stress akan mereda sehingga tubuh akan menjadi stabil

3. Tahukah anda bila menangis dengan puas maka rasa sedih/beban menjadi berkurang sehingga setelah menangis akan merasa nyaman atau lega.


Tentang Marah

http://3.bp.blogspot.com/_NLxCczibzDk/S7RkqysZK7I/AAAAAAAAAHU/KEbu69Kpr0Y/s320/muka_marah.jpg

1. Tahukah anda bila marah merupakan salah satu perilaku yang wajar karena merupakan bentuk dari ekspresi emosi. Bila posisi anda sedang marah, otomatis akan ada stimulasi psikologis dan biologis sehingga denyut nadi dan tekanan darah akan menikah baik itu noradrenalin, adrenalin dan hormon.

2. Tahukah anda bila marah itu dibagi menjadi empat kategori, antara lain sebagai berikut :
-Kesengajaan ketika marah definisinya dengan sengaja marah
-Marah yang Spontan definisinya marah secara tiba – tiba
-Marah yang Konstruktif definisinya marah dengan mengancam orang lain
-Marah yang Destruktif definisinya meluapkan marah tanpa rasa bersalah

3. Tahukah anda bilamana marah itu merupakan wujud dari komunikasi. Kadangkala orang lain akan mengerti dengan apa yang kita sampaikan ketika kita marah. Bentuk penyampaian pun sangat beragam tergantung dari kondisi aspek lingkungan dan sosial.

4. Tahukah anda bila marah itu adalah sifat manusiawi. Tetapi marah bisa berakibat fatal bila marah tidak bisa dikendalikan sehingga diwajibkan anda harus mengatur sifat amarah dengan tepat daripada perasaan jengkel anda dipendam.

5. Tahukah anda bila marah itu sehat ? Marah dengan alasan bukan karena beberapa hal yang subjektif. bisa dikatakan marah dengan wajar. Jangan sampai marah tidak terkendali bisa jadi malah merugikan orang lain.

6. Bila anda seringkali marah tanpa ada alasan yang kuat, ada tips nya nih :
-Identifikasikanlah sikap dan pendirian yang seringkali salah dan dapat mempengaruhi orang lain menjadi marah yang meledak – ledak. Dan bilamana sudah mengetahui, Perbaikilah kesalahan ini sehingga anda dengan mudah mengontrol rasa marah anda.

-Identifikasi permasalahan dari masa kecil yang mampu menghambat kemampuan untuk mengekspresikan marah. Beberapa kendala termasuk ketidaktahuan, penolakan hingga ketakutan.

-Pelajarilah dengan tepat untuk ekspresi marah sehingga dapat mengatasi situasi yang dapat menimbulkan kemarahan.

-Tutupilah luka yang tertinggal bilamana sikap emosional dari marah yang destruktif.