Tahukah Anda Penemu Hardisk Komputer

Share on :
Dapatkah anda membayangkan bagaimana jika tidak ditemukannya Hard Disk sebagai media penyimpanan pada komputer?. Tentunya segala macam bentuk dokumen akan memenuhi ruangan kerja, lemari, meja maupun rumah kita. Karena dokumen tidak disimpan pada satu wadah perangkat penyimpanan, dan bila kita memerlukan dokumen tersebut, tentu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencarinya. Berkat ditemukannya media penyimpanan yang bernama Hard Disk ini, berbagai dokumen dengan tersebut begitu mudah kita simpan dengan hanya menggunakan satu perangkat, yaitu Hard Disk Drive. Lalu siapakah yang menemukan perangkat Hard Disk yang dapat menyimpan berbagai file data ini?

Hard Disk Drive

Sang penemu Hard Disk tersebut adalah Reynold B Johnson yang telah berhasil membuat Hard Disk pada tahun 1956. Reynold B Johnson mampu membuat Hard Disk pertama didunia yang diberi nama "IBM 350" saat Johnson direkrut dan bekerja diperusahaan IBM. Penemuan Hard Disk ini merupakan langkah yang sangat fenomenal dalam hal media penyimpanan. Tapi tahukan anda, kalau ukuran Hard Disk buatan Johnson ini hanya berukuran 5 MB saja tapi memiliki bobot sekitar 1 Ton.

Hard Disk Pertama IBM 350

Dengan bobot sekitar 1 Ton dan hanya memiliki kapasitas penyimpanan 5 MB, hampir dipastikan membutuhkan ruangan yang besar pula untuk menempatkan Hard Disk ini, tapi hanya sedikit jumlah data yang tersimpan. Tapi inilah cikal bakal dari Hard Disk yang kita kenal sekarang yang ukurannya kecil tapi memiliki kapasitas ribuan kali dari Hard Disk buatan Johnson.

Hardisk Petama IBM 350

Bila anda ingin menyimpan file MP3, dipastikan hanya satu atau dua file MP3 dengan kualitas sedang yang dapat anda simpan pada Hard Disk buatan Johnson ini. Walaupun demikian dari sinilah awal dari media penyimpanan Hard Disk Drive yang berukuran ratusan Giga hingga Tera Byte.